I.
Tujuan Percobaan :
1.
Melalui
percobaan siswa dapat mempelajari hubungan antara kuat arus listrik (i) searah
dengan tegangan (V) dalam suatu rangkaian tertutup dengan benar.
2.
Melalui
percobaan siswa dapat membaca dan menganalisis grafik fungsi i terhadap V
dengan benar.
3.
Melalui
percobaan siswa dapat mengintepretasikan hasil percobaan kelistrikan dengan
benar.
4.
Melalui
percobaan siswa dapat menemukan konsep hukum ohm dari hasil percobaan dengan
benar
II.
Alat dan Bahan :
1.
Hambatan Listrik
2.
Voltmeter
3.
Kabel
4.
Kertas Grafik
5.
Amperemeter
6.
Sumber Tegangan
III.
Prosedur
percobaan :
Kegiatan
pertama
1.
Rangkailah
hambatan listrik secara seri dan sebuah sumber tegangan menjadi rangkaian
tertutup.
2.
Amperemeter dan
Voltmeter dipasang sesuai dengan cara penggunaan alat ukur tersebut.
3.
Ubahlah nilai tegangan,
ukurlah kuat arus disetiap nilai V yang berbeda hingga 5 kali.
4.
Catatlah data
hasil pengukuran dan buat tabel hasil pengamatan.
Rseri=....Ohm
No
|
V(Volt)
|
I(Ampere)
|
1
|
||
2
|
||
3
|
||
4
|
||
5
|
5.
Tulislah data
yang dapat ditentukan dengan bebas dan data yang didapat dari praktikum.
6.
Tentukan
variabel bebas dan terikat.
7.
Buatlah grafik I
sebagai fungsi V.
Jawablah pertanyaan berikut ini:
a.
Bagaimanakah
bentuk grafik I sebagai fungsi V?Apa artinya?
b.
Apakah nilai tegangan
(V) mempengaruhi besar nilai kuat arus (I)?Jika iya,bagaimana pengaruhnya?
Kegiatan kedua
1.
Rangkailah
hambatan listrik secara paralel dan sebuah sumber tegangan menjadi rangkaian
tertutup.
2.
Ulangi kegiatan
2-4.
Mengajukan
Masalah Untuk Kegiatan Penyelidikan
1.
Setelah
melakukan percobaan tersebut,kita tahu bahwa kenaikan kuat arus listrik (I)
dalam sebuah rangkaian tertutup adalah sebanding dengan kenaikan tegangan (V).Mengapa
demikian?
2.
Berdasarkan
percobaan diatas apakah terdapat perbedaan nilai Kuat arus ketika hambatan
diserikan dan diparalelkan?Jika iya,mengapa demikian?
3.
Jika tidak ada tegangan,
apakah benar tidak ada kuat arus yang mengalir dalam rangkaian tertutup?
IV.
Kesimpulan :
..........................................................................................................
0 komentar:
Posting Komentar