a. Apa yang dimaksud dengan MODUL?
Modul yaitu alat ukur yang lengkap dan
merupakan satu kesatuan program yang dapat
mengukur tujuan. Departemen Pendidikan Nasional dalam bukunya “Teknik
Belajar dengan Modul, (2002:5), mendefinisikan modul sebagai suatu kesatuan
bahan belajar yang disajikan dalam bentuk “self-
instruction”, artinya bahan belajar yang disusun di dalam modul dapat
dipelajari siswa secara mandiri dengan bantuan yang terbatas dari guru atau
orang lain.
Modul itu sendiri disusun untuk membantu siswa mencapai sejumlah tujuan yang dirumuskan
secara khusus dan jelas dalam proses
belajar mengajar. Dengan demikian, pengajaran modul dapat disesuaikan dengan perbedaan
individual siswa, yakni mengenai kegiatan belajar dan bahan pelajaran.
b. Tujuan
dalam Pembuatan Modul
adapun tujuan dibuat modul itu sendiri adalah:
a.
Tujuan pendidikan dapat dicapai secara efisien dan efektif.
b.
Peserta didik dapat mengikuti program
pendidikan sesuai dengan kecepatan dan kemampuannya sendiri.
c.
Peserta didik dapat sebanyak mungkin menghayati
dan melakukan kegiatan belajar sendiri, baik di bawah bimbingan atau tanpa
bimbingan guru.
d.
Peserta didik benar-benar
menjadi titik pusat kegiatan belajar mengajar.
e.
Kemajuan siswa
dapat diikuti dengan frekuensi yang lebih tinggi melalui evaluasi yang
dilakukan pada setiap modul berakhir.
f.
Membantu
mengatasi keterbatasan waktu yang dimiliki peserta didik dan pendidik itu
sendiri.
g.
Menumbuhkan
sikap mandiri ke dalam diri peserta didik dalam hal kemampuan, minat dan
mengevaluasi sendiri dari hasil
belajarnya.
c. Kerangka
dalam Pembuatan Modul
Berikut adalah
hal-hal yang harus ada dalam sebuah Modul:
o Halaman Sampul
o Halaman Francis
o Kata Pengantar
o Daftar Isi
·
PENDAHULUAN
1.
Deskripsi
2.
Prasyarat
3.
Petunjuk
Penggunaan Modul
4.
Penjelasan Bagi
Peserta didik
5.
Peran Guru
6.
Tujuan Akhir
7.
Standar
Kompetensi
8.
Cek Kemampuan
Awal
·
PEMBELAJARAN
1.
Rencana Belajar
Peserta didik
2.
Kegiatan
Belajar
3.
Kegiatan
Belajar 1
4.
Tujuan Kegiatan
Pembelajaran
5.
Uraian Materi
6.
Rangkuman
7.
Tugas
8.
Tes Formatif
9.
Kunci Jawaban
Formatif
10.
Lembar Kerja
11.
Kegiatan
Belajar 2
12.
Kegiatan
Belajar n
·
EVALUASI
1.
Cognitive Skill
2.
Psychomotoric
Skill
3.
Affective Skill
4.
Produk / Benda
Kerja Sesuai Kriteria Standar
5.
Batasan Waktu
6.
Kunci Jawaban
·
PENUTUP
1.
Daftar Pustaka
2.
Glosarium
,,,,,,,,,,Sekian dan Terima Kasih,,,,,,,,,,
0 komentar:
Posting Komentar