Rabu, 01 Mei 2013

MODUL PEMBELAJARAN SEBAGAI BAHAN AJAR BAGI GURU


     a.  Apa yang dimaksud dengan MODUL?

Modul yaitu alat ukur yang lengkap dan merupakan satu kesatuan program yang dapat mengukur tujuan. Departemen Pendidikan Nasional dalam bukunya “Teknik Belajar dengan Modul, (2002:5), mendefinisikan modul sebagai suatu kesatuan bahan belajar yang disajikan dalam bentuk “self- instruction”, artinya bahan belajar yang disusun di dalam modul dapat dipelajari siswa secara mandiri dengan bantuan yang terbatas dari guru atau orang lain.
Modul itu sendiri disusun untuk membantu siswa mencapai sejumlah tujuan yang dirumuskan secara khusus dan jelas dalam proses belajar mengajar. Dengan demikian, pengajaran modul dapat disesuaikan dengan perbedaan individual siswa, yakni mengenai kegiatan belajar dan bahan pelajaran.


         b.   Tujuan dalam Pembuatan Modul

adapun tujuan dibuat modul itu sendiri adalah: 

a.     Tujuan pendidikan dapat dicapai secara efisien dan efektif.
b.    Peserta didik dapat mengikuti program pendidikan  sesuai dengan kecepatan dan kemampuannya sendiri.
c.     Peserta didik dapat sebanyak mungkin menghayati dan melakukan kegiatan belajar sendiri, baik di bawah bimbingan atau tanpa bimbingan guru.
d.     Peserta didik benar-benar menjadi titik pusat kegiatan belajar mengajar.
e.     Kemajuan siswa dapat diikuti dengan frekuensi yang lebih tinggi melalui evaluasi yang dilakukan pada setiap modul berakhir.
f.       Membantu mengatasi keterbatasan waktu yang dimiliki peserta didik dan pendidik itu sendiri.
g.     Menumbuhkan sikap mandiri ke dalam diri peserta didik dalam hal kemampuan, minat dan mengevaluasi sendiri dari  hasil belajarnya.



        c.    Kerangka dalam Pembuatan Modul

Berikut adalah hal-hal yang harus ada dalam sebuah Modul:
o    Halaman Sampul
o    Halaman Francis
o    Kata Pengantar
o    Daftar Isi
·        PENDAHULUAN
1.              Deskripsi
2.             Prasyarat
3.             Petunjuk Penggunaan Modul
4.             Penjelasan Bagi Peserta didik
5.             Peran Guru
6.             Tujuan Akhir
7.             Standar Kompetensi
8.             Cek Kemampuan Awal
·        PEMBELAJARAN
1.              Rencana Belajar Peserta didik
2.             Kegiatan Belajar
3.             Kegiatan Belajar 1
4.             Tujuan Kegiatan Pembelajaran
5.             Uraian Materi
6.             Rangkuman
7.             Tugas
8.             Tes Formatif
9.             Kunci Jawaban Formatif
10.        Lembar Kerja
11.          Kegiatan Belajar 2
12.         Kegiatan Belajar n
·        EVALUASI
1.              Cognitive Skill
2.             Psychomotoric Skill
3.             Affective Skill
4.             Produk / Benda Kerja Sesuai Kriteria Standar
5.             Batasan Waktu
6.             Kunci Jawaban
·        PENUTUP
1.              Daftar Pustaka
2.             Glosarium

,,,,,,,,,,Sekian dan Terima Kasih,,,,,,,,,,

0 komentar: