Rabu, 01 Mei 2013

Contoh RPP Gelombang Kelas XII/I




Sekolah                                   : SMA Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran                        : FISIKA/IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas /Semester                       : XII / GANJIL
Materi Pokok                          : Gelombang
Alokasi Waktu                        : 1 x 40 (1x pertemuan)

A.  Standar Kompetensi
1.     Menerapkan  konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah

B.  Kompetensi Dasar
1.1.       Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum.

C.  Indikator
ü Menjelaskan pengertian gelombang dan besaran-besaran yang ada gelombang.
ü Mengidentifikasi karakteristik jenis-jenis gelombang.
ü Menerapkan jenis- jenis gelombang dalam kehidupan sehari-hari.

D.  Tujuan Pembelajaran
1.    Melalui penjelasan dari guru agar siswa mengetahui dan memahami pengertian gelombang secara ringkas dan benar.
2.    Melalui penjelasan dari guru agar mengetahui dan memahami besaran-besaran yang ada dalam gelombang seperti panjang gelombang, frekuensi, periode, dan amplitudo secara benar.
3.    Agar siswa mengetahui jenis-jenis gelombang berdasarkan pada medium perambatan gelombang yaitu gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik.
4.    Agar siswa mengetahui jenis-jenis gelombang berdasarkan arah rambatan dan getarannya yaitu gelombang tranversal dan longitudinal.
5.    Agar siswa mengetahui peristiwa dalam gelombang mekanik dan elektromagnetik beserta gelombang longitudinal dan transversal pada alam yang sering terjadi di sekitar kita.

Nilai Karakter :
Ketekunan, integritas, Kesungguh-sungguhan, Kritis, dan Keberanian.

E.      Materi Pembelajaran :

A.    Definisi Gelombang
Gelombang didefinisikan sebagai energi getaran yang merambat. Dalam kehidupan sehari-hari banyak orang berfikir bahwa yang merambat dalam gelombang adalah getarannya atau partikelnya, hal ini sedikit tidak benar karena yang merambat dalam gelombang adalah energi yang dipunyai getaran tersebut.
    Gambar 1: Gelombang Laut
Pada gambar Gelombang  laut diatas merupakan salah satu contoh gelombang yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Selain gelombang laut, masih terdapat banyak contoh lainnya. Ketika Anda melempar sebuah batu kecil pada permukaan air yang tenang, akan muncul gelombang yang berbentuk lingkaran dan bergerak ke luar. Contoh lain adalah gelombang yang merambat sepanjang tali yang terentang lurus bila Anda menggerakan tali naik turun. Ketika kita berbicara mengenai gelombang, kita tidak bisa mengabaikan getaran.

B.     Karakteristik Gelombang

1.      Panjang Gelombang
Panjang gelombang adalah sebuah jarak antara satuan berulang dari sebuah pola gelombang. Biasanya memiliki denotasi huruf Yunani lambda (λ). Dalam sebuah gelombang sinus, panjang gelombang adalah jarak antara puncak:
Panjang gelombang sama dengan kecepatan jenis gelombang dibagi oleh frekuensi gelombang. Ketika berhadapan dengan radiasi elektromagnetik dalam ruang hampa, kecepatan ini adalah kecepatan cahaya c, untuku sinyal (gelombang) di udara, ini merupakan kecepatan suara di udara. Hubungannya adalah: di mana:
2.      Periode
            Periode adalah waktu yang dibutuhkan untuk membentuk satu gelombang dan juga melakukan satu kali getaran
3.      Frekuensi
            Amplitudo adalah pengukuran skalar yang nonnegatif dari besar osilasi suatu gelombang. Amplitudo juga dapat didefinisikan sebagai jarak terjauh dari garis kesetimbangan dalam gelombang sinusoide yang kita pelajari pada mata pelajaran fisika dan matematika - geometrika.
  1. rambat gelombang
Cepat rambat gelombang (v) adalah jarak yang ditempuh gelombang dalam selang waktu tertentu. Dalam SI, satuan cepat rambat gelombang adalah m/s. Rumus dasar gelombang adalah:
atau v = λ x f

C.    Jenis-Jenis Gelombang
Secara umum hanya terdapat dua jenis gelombang yaitu, gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik.
-   Jenis gelombang berdasarkan pada medium perambatan gelombang adalah :
a.    Gelombang mekanik, adalah sebuah gelombang yang dalam perambatannya memerlukan medium, yang menyalurkan energi untuk keperluan proses penjalaran sebuah gelombang. Sebagai contoh nya adalah gelombang lautan yang medium nya adalah air.
b.    Gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang dapat merambat walau tidak ada medium. Energi elektromagnetik merambat dalam gelombang dengan beberapa karakter yang bisa diukur, yaitu: panjang gelombang, frekuensi, amplitude, dan kecepatan. Sebagai contoh nya adalah WiFi, gelombang radio, dll.

Contoh gelombang elektronmagnetik dalam kehidupan sehari- hari adalah sebagai berikut:
1.      Gelombang radio                                    5.  Cahaya tampak
2.      Gelombang Mikro                                   6.  Sinar X, dan
3.      Sinar infra merah                                    7.  Sinar gamma
4.      Sinar ultraviolet

Sedangkan berdasarkan arah rambatan dan getarannya, dibagi menjadi dua, yaitu gelombang transversal  dan longitudinal.
a.     Gelombang transversal, yaitu gelombang yang arah rambatannya tegak lurus dengan arah getarannya. Contoh gelombang transversal adalah gelombang tali. Ketika kita menggerakan tali naik turun, tampak bahwa tali bergerak naik turun dalam arah tegak lurus dengan arah gerak gelombang. Atau bisa Sinar Matahari yang termasuk dalam gelombang transversal.
Perhatikan Gambar  berikut :

Gambar 2 :Gelombang transversal pada tali
Titik tertinggi gelombang disebut puncak sedangkan titik terendah disebut lembah. Amplitudo adalah ketinggian maksimum puncak atau kedalaman maksimum lembah, diukur dari posisi setimbang. Jarak dari dua titik yang sama dan berurutan pada gelombang disebut panjang gelombang. Panjang gelombang juga bisa juga dianggap sebagai jarak dari puncak ke puncak atau jarak dari lembah ke lembah.
b.    Gelombang longitudinal, yaitu gelombang yang arah rambatannya sejajar dengan arah getarannya (misalnya gelombang slinki). Gelombang yang terjadi pada slinki yang digetarkan, searah dengan membujurnya slinki berupa rapatan dan regangan. Jarak dua rapatan yang berdekatan atau dua regangan yang berdekatan disebut satu gelombang. Sebagai contoh nya adalah gelombang suara.
                              Gambar 3 : Gelombang Longitudinal pada slinki
Pada Gambar diatas, tampak bahwa arah getaran sejajar dengan arah rambatan gelombang. Serangkaian rapatan dan regangan merambat sepanjang pegas. Rapatan merupakan daerah di mana kumparan pegas saling mendekat, sedangkan regangan merupakan daerah di mana kumparan pegas saling menjahui. Jika gelombang tranversal memiliki pola berupa puncak dan lembah, maka gelombang longitudinal terdiri dari pola rapatan dan regangan. Panjang gelombang adalah jarak antara rapatan yang berurutan atau regangan yang berurutan. Yang dimaksudkan di sini adalah jarak dari dua titik yang sama dan berurutan pada rapatan atau regangan.

E. Model/Metode Pembelajaran: 
1.      Model                 :  Contextual Teaching and Learning.
2.      Pendekatan        : Keterampilan Proses.
3.      Strategi               :  Cooperative Learning .
4.      Metode               :  Diskusi Informasi, Tanya jawab.

F.   Skenario/Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran berbasis Karakter :

PERTEMUAN PERTAMA
No
Tahap (Fase)
Rincian Kegiatan
Ket /
Alokasi Waktu

1


Tahap Situasional
Engagement


Pendahuluan
§  APERSEPSI:  
-          Guru memberikan salam kepada siswa
-          Guru mengabsen siswa yang hadir
-          Guru menyampaikan materi ajar secara garis besar.

§  TUJUAN PEMBELAJARAN:
Menginformasikan ruang lingkup materi yang akan dibahas.
Membuat siswa aktif dan berfikir kritis. 


± 5 menit

2

Tahap Eksplorasi


Kegiatan Inti
§  Guru menjelaskan pengertian gelombang secara benar dan jelas.
§  Guru menggali  pengetahuan awal siswa tentang  besaran-besaran yang ada dalam gelombang seperti periode, frekuensi, panjang gelombang dan cepat rambat gelombang.
§  Guru menjelaskan jenis gelombang berdasarkan pada medium perambatan gelombang yaitu gelombang mekanik dan elektromagnetik.
§  Guru memberikan contoh umum penerapan kehidupan sehari-hari gelombang mekanik dan elektromagnetik. (gelombang laut dan WiFi)
§  Guru menjelaskan jenis gelombang berdasarkan arah rambatan dan getarannya yaitu gelombang longitudinal dan transversal.
§  Guru memberikan contoh umum penerapan kehidupan sehari-hari gelombang longitudinal dan transversal.(gelombang suara dan sinar matahari)

Poster


10 menit)

3

Tahap Elaborasi

§  Guru bertanya pada siswa apa yang kurang jelas tentang materi jenis gelombang.
§  Jika siswa tidak mengalami masalah dalam memahami materi tersebut maka suruh lah siswa masing-masing secara individu membuat contoh benda atau alat dalam kehidupan sehari yang merupakan gelombang mekanik dan elektromagnetik serta gelombang longitudinal dan transversal.
§  Siswa membuat contoh tersebut dan memberikan juga alasan kenapa benda atau alat tersebut termasuk dalam jenis gelombang tersebut.
§  Siswa diberi tugas menyelesaikan contoh soal yang mudah tentang cepat rambat gelombang.
Contoh: Sebuah gelombang pada permukaan air dihasilkan dari suatu getaran yang frekuensinya 30 Hz. Jika jarak antara puncak dan lembah gelombang yang berturutan adalah 50 cm, hitunglah cepat rambat gelombang tersebut!
Penyelesaian :
Diketahui : f = 30 Hz , ½ λ = 50 cm ­­­­­
 àλ=100cm=1m
Ditanya:
v = ..?
Jawab : v = λ.f = 1.30 = 30 m/s
§  Siswa di beri waktu 10 menit untuk berpikir dan menyelesaikan soal yang telah di berikan serta menyelesaikan dengan sebaik-baik  nya di karenakan akan di masukkan nilai tugas.
§  Setelah 10 menit waktu pun berlalu siswa di minta mengumpulkan tugas tersebut kemudian guru bertanya pada siswa siapa yang bisa mengerjakan soal cepat rambat gelombang sebelum nya? Yang bisa di beri tambahan poin.
§  Setelah mengecek jawaban siswa yang menuliskan jawaban nya ke depan kemudian guru memilih dua dari tugas siswa yang di kumpulkan tentang benda dan alat yang termasuk jenis gelombang apa dan apa alasan nya.
§  Guru membahas penjelasan siswa tersebut kemudian guru bertanya pada siswa yang lain nya apa saja contoh  lain benda dan alat jenis-jenis gelombang.
§  Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
§  Guru meluruskan jika ada kesalahpahaman pada contoh tersebut. Kemudian guru menyebut kan contoh lainnya yang belum di sebutkan oleh siswa.
§  Guru bertanya kepada siswa apakah ada yang tidak jelas dari pembelajaran kita hari ini.
§  Guru menjawab semua pertanyaan siswa.
§  Guru memberikan kesimpulan hasil pembelajaran.

22  menit)





4

Tahap Konfirmasi
Evaluation


Penutup:
§  Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas mengerjakan LKS secara individu.
§  Guru menutup pertemuan dengan memberi salam.

3  menit)

G.                    Sumber Belajar            :
1.      Sumber :
a.       Buku IPA kelas XII ( Semester Ganjil )
b.      Bahan ajar Poster
c.       LKS 

H. Penilaian              
SKL :  Melakukan pengamatan dengan peralatan yang sesuai, melaksanakan percobaan sesuai prosedur, mencatat hasil pengamatan dan pengukuran dalam tabel atau grafik yang sesuai, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikannya secara lisan dan tertulis sesuai dengan bukti yang diperoleh


Indikator
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrukmen

Menjelaskan pengertian gelombang dan besaran yang ada gelombang.

Pertanyaan Lisan


Tes Tertulis



-


Isian Singkat

Apa yang kalian ketahui tentang gelombang?

Soal:
Sebuah gelombang pada permukaan air dihasilkan dari suatu getaran yang frekuensinya 30 Hz. Jika jarak antara puncak dan lembah gelombang yang berturutan adalah 50 cm, hitunglah cepat rambat gelombang tersebut!
Penyelesaian :
Diketahui : f = 30 Hz , ½ λ = 50 cm ­­­­­
 àλ=100cm=1m
Ditanya:
v = ..?
Jawab : v = λ.f = 1.30 = 30 m/s


Mengidentifikasi karakteristik jenis-jenis gelombang.


Pertanyaan Lisan



-



Sebut kan apa-apa saja jenis gelombang yang kalian ketahui.

Menerapkan jenis- jenis gelombang dalam kehidupan sehari-hari.

Pertanyaan lisan











Tes Tertulis


-











Isian Singkat


Apa saja contoh umum jenis gelombang seperi jenis gelombang mekanik contoh nya pada gelombang laut, gelombang elektromagnetik contoh nya adalah WiFi. Gelombang longitudinal contoh nya adalah gelombang suara sedangkan gelombang transversal contoh nya adalah sinar matahari.

Sebutkan benda dan alat yang termasuk dalam jenis gelombang beserta alasan nya.


Rubrik Penilaian

No Soal
Aspek Penilaian
Skore
Skore Maks

  1.  
Jika menjawab dengan benar
5
5

  1.  
Jika menjawab dengan benar
5
5

  1.  
Jika menjawab dengan benar
5
5

  1.  
Jika menjawab dengan benar
5
5

Nilai = Jumlah Score x 5                                                      
                                                                                  
                                                                                   Palembang,    2 April 2013
                                                                                   Guru Mata Pelajaran,


                                                                                   Nisya Ulmiah, S.Pd
                                                                                   NIP. 1141012181883031013















LEMBAR KERJA SISWA
INDIVIDU

  1. Sebuah gelombang transversal memiliki frekuensi sebesar 0,25 Hz. Jika jarak antara dua buah titik yang berurutan pada gelombang yang memiliki fase sama adalah 0,125 m, tentukan cepat rambat gelombang tersebut, nyatakan dalam satuan cm/s?
  2. Sebuah gelombang transversal memiliki frekuensi sebesar 0,25 Hz. Jika jarak antara dua buah titik yang berurutan pada gelombang yang memiliki fase berlawanan adalah 0,125 m, tentukan cepat rambat gelombang tersebut, nyatakan dalam satuan cm/s!
  3. Berapa panjang gelombang dari data berikut:
4.     
Sebuah slinki yang diberi usikan membentuk gelombang longitudinal dengan laju 1 m/sekon. Jika dalam waktu 6 sekon terbentuk tiga rapatan dan tiga regangan, tentukan :
a. Periode
b. Panjang gelombang
c. Frekuensi


KUNCI JAWABAN
LEMBAR KERJA SISWA

  1. Data dari soal:
    f = 0,25 Hz
    Jarak dua titik yang berurutan dan sefase:
    λ = 0, 125 m
    ν = .....

    ν = λ f
    ν = (0,125)(0,25) = 0,03125 m/s = 3,125 cm/s

  1. Data dari soal:
    f = 0,25 Hz
    Jarak dua titik yang berurutan dan berlawanan fase:
    1/2λ = 0, 125 m → λ = 2 × 0,125 = 0,25 m
    ν = .....

    ν = λ f
    ν = (0,25)(0,25) = 0,0625 m/s = 6,25 cm/s








4.      Pada gambar terlihat ada 3 buah gelombang (1 gelombang = 1 rapatan dan 1 regangan) dengan v = 1 m/s.
a. Periode
b. Panjang gelombang
c. Frekuensi

0 komentar: