Sekolah :
SMA Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran :
FISIKA/IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas /Semester :
XII / GANJIL
Materi Pokok : Gelombang
Alokasi Waktu :
1 x 40 (1x pertemuan)
A. Standar Kompetensi
1.
Menerapkan konsep dan
prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah
B. Kompetensi Dasar
1.1. Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum.
C. Indikator
ü Menjelaskan pengertian gelombang dan
besaran-besaran yang ada gelombang.
ü Mengidentifikasi karakteristik jenis-jenis gelombang.
ü Menerapkan jenis- jenis gelombang
dalam kehidupan sehari-hari.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui penjelasan dari
guru agar siswa mengetahui dan memahami pengertian gelombang secara ringkas dan
benar.
2. Melalui penjelasan dari guru agar mengetahui dan
memahami besaran-besaran yang ada dalam gelombang seperti panjang gelombang,
frekuensi, periode, dan amplitudo secara benar.
3. Agar siswa mengetahui jenis-jenis gelombang
berdasarkan pada medium
perambatan gelombang yaitu gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik.
4. Agar siswa mengetahui jenis-jenis gelombang berdasarkan arah rambatan dan
getarannya
yaitu gelombang tranversal dan longitudinal.
5. Agar siswa mengetahui
peristiwa dalam gelombang mekanik dan elektromagnetik beserta gelombang
longitudinal dan transversal pada alam yang sering terjadi di sekitar kita.
Nilai Karakter :
Ketekunan,
integritas, Kesungguh-sungguhan, Kritis, dan Keberanian.
E.
Materi Pembelajaran :
A. Definisi Gelombang
Gelombang didefinisikan sebagai
energi getaran yang merambat. Dalam kehidupan sehari-hari banyak orang berfikir
bahwa yang merambat dalam gelombang adalah getarannya atau partikelnya, hal ini
sedikit tidak benar karena yang merambat dalam gelombang adalah energi yang
dipunyai getaran tersebut.
Gambar 1: Gelombang Laut
Pada gambar Gelombang
laut diatas merupakan salah satu contoh gelombang yang sering kita temui
dalam kehidupan sehari-hari. Selain gelombang laut, masih terdapat banyak
contoh lainnya. Ketika Anda melempar sebuah batu kecil pada permukaan air yang
tenang, akan muncul gelombang yang berbentuk lingkaran dan bergerak ke luar.
Contoh lain adalah gelombang yang merambat sepanjang tali yang terentang lurus
bila Anda menggerakan tali naik turun. Ketika kita berbicara mengenai
gelombang, kita tidak bisa mengabaikan getaran.
B.
Karakteristik Gelombang
1.
Panjang Gelombang
Panjang gelombang adalah sebuah jarak antara satuan berulang
dari sebuah pola gelombang. Biasanya memiliki denotasi huruf Yunani lambda (λ). Dalam sebuah gelombang sinus, panjang gelombang
adalah jarak antara puncak:
Panjang gelombang sama dengan kecepatan jenis gelombang dibagi oleh frekuensi
gelombang. Ketika berhadapan dengan radiasi elektromagnetik dalam ruang hampa,
kecepatan ini adalah kecepatan cahaya c, untuku sinyal (gelombang) di udara, ini merupakan kecepatan
suara di udara. Hubungannya adalah:
di mana:
2.
Periode
Periode
adalah waktu yang dibutuhkan untuk membentuk satu gelombang dan juga melakukan
satu kali getaran
3.
Frekuensi
Amplitudo
adalah pengukuran skalar
yang nonnegatif dari besar osilasi suatu gelombang. Amplitudo juga dapat didefinisikan
sebagai jarak terjauh dari garis kesetimbangan dalam gelombang
sinusoide yang kita pelajari pada mata pelajaran fisika dan matematika
- geometrika.
- rambat gelombang
Cepat rambat gelombang (v) adalah jarak yang
ditempuh gelombang dalam selang waktu tertentu. Dalam SI, satuan cepat rambat
gelombang adalah m/s. Rumus dasar gelombang adalah:
atau v = λ x f
C.
Jenis-Jenis Gelombang
Secara umum hanya
terdapat dua jenis gelombang yaitu, gelombang mekanik dan gelombang
elektromagnetik.
- Jenis gelombang berdasarkan pada medium
perambatan gelombang adalah :
a.
Gelombang mekanik, adalah sebuah gelombang yang dalam
perambatannya memerlukan medium, yang menyalurkan energi untuk keperluan proses
penjalaran sebuah gelombang. Sebagai contoh nya adalah gelombang lautan yang medium nya adalah
air.
b. Gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang dapat merambat walau tidak ada medium. Energi
elektromagnetik merambat dalam gelombang dengan beberapa karakter yang bisa
diukur, yaitu: panjang gelombang, frekuensi, amplitude, dan kecepatan. Sebagai
contoh nya adalah WiFi, gelombang radio, dll.
Contoh
gelombang elektronmagnetik dalam kehidupan sehari- hari adalah sebagai berikut:
1. Gelombang radio 5. Cahaya tampak
2. Gelombang Mikro 6.
Sinar X, dan
3. Sinar infra merah 7. Sinar gamma
4. Sinar ultraviolet
Sedangkan
berdasarkan arah rambatan dan getarannya, dibagi menjadi dua, yaitu gelombang
transversal dan longitudinal.
a. Gelombang transversal, yaitu
gelombang yang arah rambatannya tegak lurus dengan arah getarannya. Contoh
gelombang transversal adalah gelombang tali. Ketika kita menggerakan tali naik
turun, tampak bahwa tali bergerak naik turun dalam arah tegak lurus dengan arah
gerak gelombang. Atau bisa Sinar Matahari yang termasuk dalam gelombang
transversal.
Perhatikan Gambar berikut :
Gambar 2 :Gelombang
transversal pada tali
|
Titik tertinggi gelombang disebut puncak sedangkan titik terendah
disebut lembah. Amplitudo adalah ketinggian maksimum
puncak atau kedalaman maksimum lembah, diukur dari posisi setimbang. Jarak dari
dua titik yang sama dan berurutan pada gelombang disebut panjang gelombang. Panjang gelombang juga bisa juga dianggap
sebagai jarak dari puncak ke puncak atau jarak dari lembah ke lembah.
b. Gelombang longitudinal, yaitu
gelombang yang arah rambatannya sejajar dengan arah getarannya (misalnya
gelombang slinki). Gelombang yang terjadi pada slinki yang digetarkan, searah
dengan membujurnya slinki berupa rapatan dan regangan. Jarak dua rapatan yang
berdekatan atau dua regangan yang berdekatan disebut satu gelombang.
Sebagai contoh nya adalah gelombang suara.
Gambar
3 : Gelombang Longitudinal pada slinki
Pada Gambar diatas, tampak bahwa arah
getaran sejajar dengan arah rambatan gelombang. Serangkaian rapatan dan regangan merambat sepanjang pegas. Rapatan merupakan daerah di mana kumparan pegas saling mendekat,
sedangkan regangan merupakan
daerah di mana kumparan pegas saling menjahui. Jika gelombang tranversal
memiliki pola berupa puncak dan lembah, maka gelombang longitudinal terdiri
dari pola rapatan dan regangan. Panjang gelombang adalah jarak antara rapatan
yang berurutan atau regangan yang berurutan. Yang dimaksudkan di sini adalah
jarak dari dua titik yang sama dan berurutan pada rapatan atau regangan.
E. Model/Metode Pembelajaran:
1. Model
: Contextual Teaching and Learning.
2. Pendekatan :
Keterampilan Proses.
3. Strategi
: Cooperative Learning .
4. Metode
: Diskusi Informasi,
Tanya jawab.
F.
Skenario/Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran berbasis Karakter :
PERTEMUAN PERTAMA
No
|
Tahap (Fase)
|
Rincian
Kegiatan
|
Ket /
Alokasi Waktu
|
1
|
Tahap Situasional
Engagement
|
Pendahuluan
§ APERSEPSI:
-
Guru memberikan salam kepada siswa
-
Guru
mengabsen siswa yang hadir
-
Guru
menyampaikan materi ajar secara garis besar.
§ TUJUAN PEMBELAJARAN:
Menginformasikan ruang lingkup materi
yang akan dibahas.
Membuat siswa aktif dan berfikir kritis.
|
± 5 menit
|
2
|
Tahap Eksplorasi
|
Kegiatan Inti
§ Guru menjelaskan pengertian gelombang secara benar
dan jelas.
§ Guru menggali pengetahuan awal
siswa tentang besaran-besaran yang ada dalam gelombang seperti
periode, frekuensi, panjang gelombang dan cepat rambat gelombang.
§ Guru menjelaskan jenis gelombang berdasarkan pada medium
perambatan gelombang yaitu gelombang mekanik dan elektromagnetik.
§ Guru memberikan contoh umum penerapan kehidupan
sehari-hari gelombang mekanik dan elektromagnetik. (gelombang laut dan WiFi)
§ Guru menjelaskan jenis gelombang berdasarkan arah rambatan dan
getarannya
yaitu gelombang longitudinal dan transversal.
§ Guru memberikan contoh umum penerapan kehidupan
sehari-hari gelombang longitudinal dan transversal.(gelombang suara dan sinar
matahari)
|
Poster
(± 10 menit)
|
3
|
Tahap Elaborasi
|
§ Guru bertanya pada siswa apa yang kurang jelas
tentang materi jenis gelombang.
§ Jika siswa
tidak mengalami masalah dalam memahami materi tersebut maka suruh lah siswa
masing-masing secara individu membuat contoh benda atau alat dalam kehidupan
sehari yang merupakan gelombang mekanik dan elektromagnetik serta gelombang
longitudinal dan transversal.
§ Siswa membuat contoh tersebut dan memberikan juga alasan
kenapa benda atau alat tersebut termasuk dalam jenis gelombang tersebut.
§ Siswa diberi tugas menyelesaikan contoh soal yang
mudah tentang cepat rambat gelombang.
Contoh: Sebuah gelombang pada permukaan air
dihasilkan dari suatu getaran yang frekuensinya 30 Hz. Jika jarak antara
puncak dan lembah gelombang yang berturutan adalah 50 cm, hitunglah cepat
rambat gelombang tersebut!
Penyelesaian : Diketahui : f = 30 Hz , ½ λ = 50 cm àλ=100cm=1m Ditanya: v = ..? Jawab : v = λ.f = 1.30 = 30 m/s
§ Siswa di beri waktu 10 menit untuk berpikir dan
menyelesaikan soal yang telah di berikan serta menyelesaikan dengan
sebaik-baik nya di karenakan akan di
masukkan nilai tugas.
§ Setelah 10 menit waktu pun berlalu siswa di
minta mengumpulkan tugas tersebut kemudian guru bertanya pada siswa siapa
yang bisa mengerjakan soal cepat rambat gelombang sebelum nya? Yang bisa di
beri tambahan poin.
§ Setelah mengecek jawaban siswa yang menuliskan
jawaban nya ke depan kemudian guru memilih dua dari tugas siswa yang di
kumpulkan tentang benda dan alat yang termasuk jenis gelombang apa dan apa
alasan nya.
§ Guru membahas penjelasan siswa tersebut kemudian
guru bertanya pada siswa yang lain nya apa saja contoh lain benda dan alat jenis-jenis gelombang.
§ Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
§ Guru meluruskan jika ada kesalahpahaman pada contoh
tersebut. Kemudian guru menyebut kan contoh lainnya yang belum di sebutkan
oleh siswa.
§ Guru bertanya kepada siswa apakah ada yang tidak
jelas dari pembelajaran kita hari ini.
§ Guru menjawab semua pertanyaan siswa.
§ Guru memberikan kesimpulan hasil pembelajaran.
|
(±22 menit)
|
4
|
Tahap Konfirmasi
Evaluation
|
Penutup:
§ Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian
tugas mengerjakan LKS secara individu.
§ Guru menutup pertemuan dengan memberi salam.
|
(±3 menit)
|
G. Sumber Belajar :
1. Sumber :
a. Buku IPA kelas XII ( Semester Ganjil )
b. Bahan ajar Poster
c. LKS
H. Penilaian
SKL : Melakukan pengamatan dengan peralatan yang sesuai,
melaksanakan percobaan sesuai prosedur, mencatat hasil pengamatan dan
pengukuran dalam tabel atau grafik yang sesuai, membuat kesimpulan dan
mengkomunikasikannya secara lisan dan tertulis sesuai dengan bukti yang
diperoleh
Indikator
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrukmen
|
|
Menjelaskan pengertian gelombang dan
besaran yang ada gelombang.
|
Pertanyaan Lisan
Tes Tertulis
|
-
Isian Singkat
|
Apa yang kalian ketahui tentang
gelombang?
Soal:
Sebuah gelombang pada permukaan air dihasilkan dari suatu getaran
yang frekuensinya 30 Hz. Jika jarak antara puncak dan lembah gelombang yang
berturutan adalah 50 cm, hitunglah cepat rambat gelombang tersebut!
Penyelesaian : Diketahui : f = 30 Hz , ½ λ = 50 cm àλ=100cm=1m Ditanya: v = ..? Jawab : v = λ.f = 1.30 = 30 m/s |
Mengidentifikasi karakteristik jenis-jenis gelombang.
|
Pertanyaan Lisan
|
-
|
Sebut kan apa-apa saja jenis gelombang yang kalian
ketahui.
|
Menerapkan jenis- jenis gelombang dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Pertanyaan lisan
Tes Tertulis
|
-
Isian Singkat
|
Apa saja contoh umum jenis gelombang seperi jenis gelombang mekanik
contoh nya pada gelombang laut, gelombang elektromagnetik contoh nya adalah
WiFi. Gelombang longitudinal contoh nya adalah gelombang suara sedangkan
gelombang transversal contoh nya adalah sinar matahari.
Sebutkan benda dan alat yang termasuk dalam jenis gelombang beserta
alasan nya.
|
Rubrik Penilaian
No Soal
|
Aspek Penilaian
|
Skore
|
Skore Maks
|
|
Jika menjawab dengan benar
|
5
|
5
|
|
Jika menjawab dengan benar
|
5
|
5
|
|
Jika menjawab dengan benar
|
5
|
5
|
|
Jika menjawab dengan benar
|
5
|
5
|
Nilai =
Jumlah Score
x 5
Palembang, 2 April 2013
Guru
Mata Pelajaran,
Nisya Ulmiah, S.Pd
NIP.
1141012181883031013
LEMBAR KERJA SISWA
INDIVIDU
- Sebuah gelombang transversal memiliki frekuensi sebesar 0,25 Hz. Jika jarak antara dua buah titik yang berurutan pada gelombang yang memiliki fase sama adalah 0,125 m, tentukan cepat rambat gelombang tersebut, nyatakan dalam satuan cm/s?
- Sebuah gelombang transversal memiliki frekuensi sebesar 0,25 Hz. Jika jarak antara dua buah titik yang berurutan pada gelombang yang memiliki fase berlawanan adalah 0,125 m, tentukan cepat rambat gelombang tersebut, nyatakan dalam satuan cm/s!
- Berapa panjang gelombang dari data berikut:
4.
Sebuah slinki yang diberi
usikan membentuk gelombang longitudinal dengan laju 1 m/sekon. Jika dalam waktu
6 sekon terbentuk tiga rapatan dan tiga regangan, tentukan :
a. Periode
b. Panjang gelombang
c. Frekuensi
KUNCI
JAWABAN
LEMBAR
KERJA SISWA
- Data dari soal:
f = 0,25 Hz
Jarak dua titik yang berurutan dan sefase:
λ = 0, 125 m
ν = .....
ν = λ f
ν = (0,125)(0,25) = 0,03125 m/s = 3,125 cm/s
- Data dari soal:
f = 0,25 Hz
Jarak dua titik yang berurutan dan berlawanan fase:
1/2λ = 0, 125 m → λ = 2 × 0,125 = 0,25 m
ν = .....
ν = λ f
ν = (0,25)(0,25) = 0,0625 m/s = 6,25 cm/s
4. Pada
gambar terlihat ada 3 buah gelombang (1 gelombang = 1 rapatan dan 1 regangan)
dengan v = 1 m/s.
a. Periode
b. Panjang gelombang
c. Frekuensi
0 komentar:
Posting Komentar